Rabu, 05 Juni 2013

RPP Perkakas bertenaga


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP

 

Nama Sekolah            : SMK Negeri 6 Malang

Mata Pelajaran            : Kompetensi Keahlian

Kelas/Semester           : X/ 1

Standar Kompetensi   : Menggunakan perkakas bertenaga/operasi di genggam

Kode Kompetensi      : 014 KK 05

Kompetensi dasar       : Pemeliharaan / servis pada perkakas bertenaga operasi di gengam

Indikator                     : 1. Perkakas bertenaga / operasi di genggam diperikasa secara teratur berdasarkan rekomendasi pabrik untuk memastikan kondisi kerja yang aman

                                      2. Kerusakan dan keausan perkakas bertenaga / operasi digenggam diberi tanda dan dipisahkan

lokasi Waktu               : 2 x 45Menit

 

A.    Tujuan Pembelajaran

Dengan belajar kompetensi dasar ini siswa diharapkan mampu :

1.      memeriksa perkakas bertenaga / operasi di genggam secara teratur berdasarkan rekomendasi pabrik untuk memastikan kondisi kerja yang aman

2.      mengelompokkan kerusakan dan keausan perkakas bertenaga/operasi digenggam dengan benar kemiduan diberi tanda dan dipisahkan.

v  Nilai Karakter

a)      Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain (Religius).

b)      Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patu pada berbagai ketentuan dan peraturan (Disiplin)

c)      Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya (Kerja keras)

d)     Mampu bersikap dan ber perilaku untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya) negara dan Tuhan Yang Maha Esa (Tanggung jawab)

 

 

B.     Materi Pembelajaran

1.      Pemerikasaan perkakas bertenaga operasi digenggam

2.      Pemberian tanda pada perkakas yang rusak

C.     Metode Pembelajaran

1.      Ceramah

2.      Tanya jawab

D.    Kegiatan Pembelajaran

 
Kegiatan Pembelajaran
Metode
Waktu
Guru
Siswa
Kegiatan
pembukaan
ü  Berdo’a bersama sebelum memulai kegiatan pembelajaran, dilanjutkan presensi kehadiran siswa.
ü  Penjelasan tentang manfaat dan tujuan pembelajaran terkait SK,KD yang akan dipelajari guna mengkondisikan dan memotivasi untuk belajar.
ü  Pre test (tanya jawab) definisi kerusakan dan keausan
·         Salah seorang memimpin doa bersama
 
 
·         Memperhatikan
 
 
 
 
 
 
 
 
 
·         Menjawab pertanyaan
 
Ceramah
 
 
 
 
Ceramah
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Tanya jawab
20 Menit
Kegiatan inti
ü Menjelaskan tentang pemeriksaan perkakas bertenaga/operasi digenggam
ü Menjelaskan cara mengidentifikasi kerusakan dan keausan pada perkakas bertenaga/operasi digenggam
ü Menjelaskan cara pemberian tanda pada perkakas yang mengalami kerusakan dan keausan pada komponen peralatan.
ü Memberikan kesempatan kepada sisiwa untuk bertanya, tentang materi yang belum dimengerti.
·         Memperhatikan penjelasan guru
 
 
·         Memperhatikan penjelasan guru
 
 
 
·         Memperhatikan penjelasan guru
 
 
 
·         Bertanya tentang meteri yang belum dimengerti dan dipahami
Ceramah
 
 
 
Ceramah
 
 
 
 
Ceramah
 
 
 
 
Tanya jawab
50 Menit
Kegiatan penutup
·         Post test untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan dari proses pembelajaran yang telah terlaksana
·         Guru memberikan penjelasan pembahasan materi yang akan dipelajari untuk pertemuan berikutnya.
·         Mengakhiri pertemuan dengan do’a dan salam
·           Mengerjakan tugas
 
 
·           Memperhatikan
 
 
 
·           Berdo’a dan menjawab salam.
Ceramah
 
 
 
 
Ceramah
 
 
 
Ceramah
20 Menit

E.     Sumber belajar

1.      Media

ü  LCD, Laptop, white board

2.      Sumber

·      Drs. Daryanto.1988.Alat perkakas bengkel. PT. NIMA AKSARA. Jakarta

·      Daryato. 2011. Alat Perkakas bengkel. PT. SARANA TUTORIAL NURANI SEJAHTERA. Bandung.

·      Daryanto. 2011. Mesin perkakas. PT. SARANA TUTORIAL NURANI SEJAHTERA. Bandung.

·      www.google.com. 29/04/2013.Cara aman mengoperasikan mesin gerinda tangan.

F.      Penilaian hasil belajar

1.      Test teori (tertulis), berbentuk:

a.       Essay (mengisi)             

            Soal:

1.      Apa saja yang perlu kita perhatikan dalam proses penyimpanan dan perawatan perkakas bertenaga / operasi digenggam khususnya pada mesin gurunda !

2.      Bagaimana cara kita dalam mengidentifikasi kerusakan  yang terjadi pada peralatan-peralatan perkakas!

Kunci jawaban

No
Kunci jawaban
Skor
1
Hal yang perlu di perhatikan adalah :          
1.        Setelah selesai menggerinda, tunggu sampai batu gerinda berhenti total. Kemudian letakkan mesin gerinda di permukaan yang datar dengan batu gerinda berada diatas (mengarah ke atas). Ini untuk mengantisipasi bila mesin tidak sengaja menyala, maka batu gerinda yang berputar tidak mengenai benda apapun.
10
2.      Cabut kabel mesin dari stop kontak bila sudah tidak akan digunakan lagi dalam jangka waktu lama atau saat sedang mengganti batu gerinda.
10
2
Ada beberapa langkah praktis yang digunakan untuk mengidentifikasi kerusakan pada perkakas, baik bentuk kerusakan maupun penyebab kerusakan yaitu :
1.      Kenali kerusakan pada perkakas tangan dan ciri fisik kerusakan
5
2.      Kenali penyebab kerusakan yang terjadi pada perkakas
5
3.        Analisa cara pemakaian dan penyimpanan perkakas.
5
Jumlah maksimal
35


Pedoman penilaian

 

Kriteria Penilaian:

Nilai
Predikat
Keterangan
Angka
Huruf
90,00 – 100,00
A
Lulus sangat baik
Memenuhi kriteria lulus, dapat bekerja tanpa bimbingan
80,00 – 89,99
B
Lulus baik
Memenuhi kriteria lulus, dapat bekerja tanpa bimbingan
75,17 – 79,99
C
Lulus cukup
Memenuhi kriteria lulus, dapat bekerja dengan bimbingan
< 75,17
D
Tidak lulus
Tidak memenuhi kriteria lulus, perlu remedial dan bimbingan lebih serius

                                                                                                      Malang,  April , 2013

                                                                                                        Peserta PPG

 

                                                                                                        Apdon Tonggene, S.Pd

                                                                                                        NIM : 123151002803

 

 

Mengetahui

Dosen Pembimbing                                                                  Guru Pamong

 

 

........................................                                                         Dra. Sriani

NIP :                                                                                        NIP :19660501 200501 2 004

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar