Sabtu, 08 Juni 2013

RPP Las busur manual


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP

 

Nama sekolah           : SMK Negeri 6 Malang

Mata Pelajaran         : Pekerjaan las

Kelas / Semester       : XI / I

Standar Kompetensi :  Mengelas dengan proses las busur metal manual

Kode Kompetensi    : 015 ML 02






Kompetensi Dasar    : Sambungan las yang memenuhi standar nasional ISO






Indikator                  :
1.      Mengidentifikasi pengelasan pada posisi datar sesuai dengan spesifikasi dan standar Australia 1544 GP ( atau yang sederajat)

2.      Melakukan pengelasan dengan posisi datar (1G) kampuh V sesuai SOP

3.      Sambungan dibersihkan sesuai dengan spesifikasi dengan menggunakan perkakas dan teknik yang tepat.


 


 

 
Alokasi waktu          : 8 x 45 Menit

 

A.    Tujuan pembelajaran

Setelah pembelajaran diharapkan siswa dapat: 

1.      Mengidentifikasi pengelasan pada posisi datar (1G) sesuai standar yang berlaku.

2.      Melakukan pengelasan dengan posisi datar (1G)  kampuh V sesuai dengan spesifikasi yang berlaku.

3.      Membersihkan hasil pengelasan sesuai spesifikasi dengan menggunakan perkakas pembersih dengan teknik yang tepat.

v   Nilai Karakter :

a.    Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain (Religius).

b.   Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patu pada berbagai ketentuan dan peraturan (Disiplin)

c.    Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya (Kerja keras)

d.   Mampu bersikap dan ber perilaku untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya) negara dan Tuhan Yang Maha Esa (Tanggung jawab)

 

B.     Materi Pembelajaran

1.      Pengelasan pada posisi datar

2.      Metode pengelasan posisi datar

3.      Cara membersihkan hasil las

C.     Metode Pembelajaran

1.      Ceramah

2.      Tanya jawab

3.      Praktek

4.      Unjuk kerja

D.    Kegiatan pembelajaran

 
Kegiatan Pembelajaran
Metode
Waktu
Guru
Siswa
Kegiatan pembukaan
·         Membuka kelas dengan salam, berdo’a dan mengecek presensi
 
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Memberikan pertanyaan tentang ruang lingkup materi
·         Menyampaikan ruang lingkup materi dan kegiatan pembelajaran
·         Menjawab salam, berdo’a bersama dan menjawab kabar dari guru
·         Memperhatikan
 
·         Menjawab
 
 
·         Memperhatikan
Tanya jawab
 
 
 
Ceramah
 
Tanya jawab
 
 
Ceramah
 
 
 
15 Menit
Kegiatan inti
·         Menjelaskan teori pengelasan pada posisi datar
·         Mendemonstrasikan cara pengelasan pada posisi datar
·         Mendemonstrasikan cara membersihkan hasil las
·         Kesimpulan
 
·         Merefleksikan hasil pembelajaran
·         Memperhatikan
 
 
·         Mempraktekan cara pengelasan pada posisi datar
·         Mempraktekan cara membersikan hasil las
·         Menyimpulkan pembelajaran
·         Memperhatikan
Ceramah
 
 
Praktek
 
 
Praktek
 
 
Ceramah
 
Ceramah
60 Menit
Kegiatan penutup
·           Memberikan tugas kepada siswa
·           Memberikan penjelasan pembahasan materi yang akan dipelajari untuk pertemuan berikutnya
·           Mengakhiri pertemuan dengan doa dan salam
·       Mengerjakan tugas
 
·       Memperhatikan
 
 
 
 
 
·       Berdo’a dan menjawab salam
Ujuk kerja
 
Ceramah
 
 
 
 
 
Tanya jawab
15 menit

 

E.     Sumber belajar

1.      Bahan

a)      Pelat baja lunak, 300 ´ 50 ´ 10 mm (2 buah)

b)     Elektroda E 6013

2.      Alat

a)      Mistar ukur

b)     Tang penjepit

c)      Palu las

d)     Meja cuting

e)      Trafo las/mesin las

f)      Sikat baja

3.      Media

a)      Laptop

b)     White board

c)      Jobsheet

d)     Gambar kerja

 

4.      Sumber

a)      Bahan referensi pelaksanaan prosedur pengelasan posisi datar.

b)     Soedjono. 1987. Seri Pertukangan Last. Remadja karya CV. Bandung

c)      Http:// Pengelasan Dengan Posisi Datar. 16-05-2013.

F.      Penilaian hasil belajar

1.      Tes lisan

2.      Test Praktik untuk melihat keterampilan dan sikap yang ditunjukkan saat melaksanakan praktik  latihan mengelas posisi datar kampuh V

 

JOBSHEET (LEMBAR KERJA)

Jobsheet                      : Mengelas dengan posisi datar kampuh V

Matapelajaran              : Pekerjaan Las

Standar Kompetensi   : Mengelas dengan proses las busur metal manual





1.      Las dilakukan dengan benar pada posisi datar sesuai dengan spesifikasi dan standar Australia 1544 GP ( atau yang sederajat)

2.      Sambungan dibersikan sesuai dengan spesifikasi dengan menggunakan perkakas dan teknik yang tepat
Kompetensi Dasar       : Sambungan las yang memenuhi standar nasional  ISO





Indikator                     : 

 

 

Ø  Psikomotorik   : Pengelasan pada posisi datar (1G)

Ø 



1.      Disiplin

2.      Kerja keras

3.      Tanggung jawab

4.      Peduli lingkungan

5.      Kreatif

6.      Rasa ingin tahu


Afektif                        :

 

 

 

 
Alokasi Waktu            : 6 x 45 Menit


A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Mengelas dengan posisi datar  kampuh V sesuai dengan spesifikasi yang berlaku.

2.      Membersihkan hasil pengelasan sesuai spesifikasi dengan menggunakan perkakas pembersih dengan teknik yang tepat

 

B.      ALAT DAN BAHAN

1.      Alat yang digunakan:

a.       Mistar ukur

b.      Tang penjepit

c.       Palu las

d.      Meja cuting

e.       Trafo las/mesin las

f.       Sikat baja

2.      Bahan yang digunakan:

a)      Pelat baja lunak, 300 ´ 50 ´ 10 mm (2 buah)

b)      Elektroda E 6013

C.      KESELAMATAN KERJA

1.      Gunakan pakaian kerja dan alat-alat keselamatan kerja

2.      Bacalah petunjuk praktik

3.      Pergunakan kaos tangan dari kulit

4.      Gunakan pelindung muka/kacamata las

5.      Gunakan jeket las

6.      Gunakan sepatu las

7.      Jangan meletakan pralatan yang tidak perlu di meja las.

8.      Hati-hati dalam melakukan praktek.

 

D.      GAMBAR KERJA


 


 

Baja lunak
Ø  300 x 50 x 10 mm
2 Buah
Elektroda
E 6013
Secukupnya

Material

Ukuran
Jumlah
Mengelas posisi datar kampuh V
Skala
 
Digambar
 
Tanggal
 
Diperiksa
 
Disetujui
 

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Oxy Acytilene Welding / OAW

 
A.      PROSEDUR KERJA
1.      Siapkan material yang akan dilas dengan ukuran yang dikehendaki
2.      Siapkan dan periksa mesin las akan digunakan.
3.      Tentukan polaritas arus yang akan digunakan.
4.      Hubungka kabel power mesin las dengan aliran listrik
5.      Hidupkan mesin las dan periksa keadaanya pada saat mesin hidup
6.      Rasakan getaran pada mesin las apabila trafo las sedikit bergetar maka arus listrik sudah masuk.
7.      Tentukan besar arus yang masuk.
8.      Hubungkan katub are pada base metal.
9.      Pasang elektroda pada holder las.
10.  Sentu pada landasan base metal untuk melihat kapasitas arus
F. PENILAIAN PEKERJAAN
Nama Siswa: .......................................................   
Aspek yang Dinilai
Nilai
Keterangan
Maksi-mum
Yang Dicapai
Metode Kerja
1.      Persiapan
2.      Keselamatan Kerja
3.      Langkah Kerja
4.      Sikap Kerja
5
5
10
5
............
............
............
............
 
25
Hasil Pekerjaan
1.      Kelurusan
2.      Kerataan
3.      Tidak ada cacat
 
..............
..............
..............
..............
.............
.............
.............
.............
 
 
65
Waktu Kerja
1.      Mulai pukul ...................
2.      Selesai pukul .................
3.      Jml jam kerja ................
 
10
 
 
.............
≤ Sdt.         = 10
Std. + 25% = 7,5
Sdt. + 50% = 5,0
2 X Sdt       = 0
10
TOTAL
100
 
 
Pedoman Penilaian:
                   Jumlah skore yang diperoleh
   Nilai =    __________________________     X 100
                             Skore maksimum
 
Kriteria Penilaian:
                           KKM.  ≥ 75,17
Nilai
Predikat
Keterangan
Angka
Huruf
90,00 – 100,00
A
Lulus sangat baik
Memenuhi kriteria lulus, dapat bekerja tanpa bimbingan
80,00 – 89,99
B
Lulus baik
Memenuhi kriteria lulus, dapat bekerja tanpa bimbingan
75,11 – 79,99
C
Lulus cukup
Memenuhi kriteria lulus, dapat bekerja dengan bimbingan
< 75,11
D
Tidak lulus
Tidak memenuhi kriteria lulus, perlu remedial dan bimbingan lebih serius
                                                                                                      Malang, Mei, 2013
                                                                                                        Peserta PPG,
 
                                                                                                        Apdon Tonggene, S.Pd
                                                                                                        NIM : 123151002803
 
 
Mengetahui :
Dosen Pembimbing,                                                                        Guru Pamong,
 
 
........................................                                                                Dra. Sriani
NIP :                                                                                                NIP :19660501 200501 2 004



2 komentar: