RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK Negeri 6 Malang
Mata Pelajaran :
Kompetensi Kejuruan Teknik Permesinan
Kelas/semster :
XII/1
Standar Kompetensi : Menggunakan Mesin Bubut
(Kompleks)
Kode Kompetensi :
014.12.KK
1. Menentukan
mesin bubut yang akan digunakan pada
saat pengerjaan benda kerja.
2. Mengidentifikasi
pencekam pada saat pengerjaan benda kerja.
3. Menjelaskan
cara pemasangan pahat bubut pada
saat pengerjaan benda kerja.
|
Kompetensi Dasar :
Melakukan Persiapan Kerja Secara Tepat
Indikator :
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
pembelajaran diharapkan siswa dapat :
1. Menentukan
mesin bubut yang akan digunakan pada saat pengerjaan benda kerja sesuai dengan
tujuan pembubutan.
2. Mengidentifikasi
pencekam pada saat pengerjaan benda kerja sesuai bentuk benda kerjannya.
3. Menjelaskan
cara pemasangan pahat bubut pada saat pengerjaan benda kerja.
v Nilai
Karakter :
a. Sikap
dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran
terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama
lain (Religius).
b. Tindakan
yang menunjukkan perilaku tertib dan patu pada berbagai ketentuan dan peraturan
(Disiplin)
c. Perilaku
yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan
belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya (Kerja keras)
d. Mampu
bersikap dan ber perilaku untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang
seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,
sosial dan budaya) negara dan Tuhan Yang Maha Esa (Tanggung jawab)
B. Materi
Pembelajaran
1. Pemilihan
mesin
2. Pencekam
benda kerja
3. Pemasangan
pahat bubut
C. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya
jawab
3. Pemberian
tugas
D. Kegiatan
pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Metode
|
Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
Kegiatan
pembukaan
|
Membuka
kelas dengan salam, berdi’o dan mengecek presensi
|
Menjawab
salam, berdo’a bersama dan menjawab kabar dari guru
|
Tanya
jawab
|
15 Menit
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
Memperhatikan
|
Ceramah
|
||
Memberikan
pertanyaan tentang ruang lingkup materi
|
Menjawab
pertanyaan
|
Tanya
jawab
|
||
Menyampaikan
rung lingkup materi dan kegiatan pembelajaran
|
Memperhatikan
penjelasan guru
|
Ceramah
|
||
Kegiatan
inti
|
Menjelaskan
tentang pemilihan mesin bubut
|
Memperhatikan
penjelasan guru
|
Ceramah
|
60 Menit
|
Menjelaskan
macam alat pencekaman benda kerja
|
Memperhatikan
|
Ceramah
|
||
Menjelaskan
cara pemasangan pahat
|
memperhatikan
|
Ceramah
|
||
Memberikan
kesempatan bertanya bagi siswa
|
Bertanya
tentang materi yang belum dipahami
|
Tanya
jawab
|
||
Menyimpulkan
pembelajaran
|
Menyimpulkan
|
Ceramah
|
||
Kegiatan
penutup
|
Melakukan
refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
|
Menyimak
|
Ceramah
|
15 Menit
|
Memberikan
tugas rumah
|
Mencatat
tugas yang diberikan untuk dikerjakan dirumah
|
Pemberian
tugas
|
||
Memberikan
penjelasan pembahasan materi yang akan dipelajari untuk pertemuan berikutnya
|
Memperhatikan
|
Ceramah
|
||
Mengkhiri
pertamuan dengan do’a dan salam
|
Berdo’a
dan menjawab salam
|
Tanya
jawab
|
E. Sumber
belajar
1. Media
a. LCD
b. White
board
2. Sumber
a. Widarto.
2008. Teknik Pemesinan. Direktorat
Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta.
F. Penilaian
hasil belajar
1. Teknik
penilaian : Test tertulis
2. Bentuk
instrumen : Essay (Mengisi)
Instrumen
Penilaian
1. Apa
saja yang menjadi pertimbangan dalam
pemilihan mesin pada proses pembubutan?
2. Sebutkan
minimal 2 alat cekam dengan kegunaannya yang biasa digunakan untuk mencekam
benda kerja pada mesin bubut!
3. Jelaskan
cara pemasangan pahat pada mesin bubut!
Kunci
jawaban
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Yang
menjadi pertimbangan dalam proses pemilihan mesin adalah dimensi benda kerja
yang dimana ketika kita memilih mesin perlu dipertimbangkan kapasitas kerja
mesin yang meliputi diameter maksimal benda kerja yang bisa dikerjakan oleh
mesin, dan panjang benda kerja yang bisa dikerjakan.
|
10
|
2
|
Dua
alat cekam :
a. Cekam
rahang tiga, (untuk benda silindris). Alat pencekam ini tiga buah rahangnya
bergerak bersama-sama menuju sumbu cekam apabila salah satu rahangnya digerakkan.
|
10
|
b. Cekam
rahang empat (untuk benda kerja tidak silindris). Alat pencekam ini
masing-masing rahangnya bisa diatur sendiri-sendiri, sehingga muda dalam
mencekam benda kerja yang tidak silindris.
|
10
|
|
3
|
Pemasangan
pahat dilakukan dengan cara menjepit pahat
pada rumah pahat (toolpost).
Usahakan bagian pahat yang menonjol tidak terlalu panjang, supaya tidak
terjadi getaran pada pahat ketika proses pemotongan dilakukan. Posisi ujung
pahat harus pada sumbu kerja mesin bubut, atau pada sumbu benda kerja yang
dikerjakan.
|
20
|
Jumlah
skor maksimum
|
50
|
Pedoman Penilaian:
Kriteria
Penilaian:
Nilai
|
Predikat
|
Keterangan
|
|
Angka
|
Huruf
|
||
90,00
– 100,00
|
A
|
Lulus sangat
baik
|
Memenuhi kriteria lulus, dapat bekerja tanpa bimbingan
|
80,00
– 89,99
|
B
|
Lulus baik
|
Memenuhi kriteria lulus, dapat bekerja tanpa bimbingan
|
75,33
– 79,99
|
C
|
Lulus cukup
|
Memenuhi kriteria lulus, dapat bekerja dengan bimbingan
|
< 75,33
|
D
|
Tidak lulus
|
Tidak memenuhi kriteria lulus, perlu remedial dan
bimbingan lebih serius
|
Malang, Mei , 2013
Peserta
PPG
Apdon
Tonggene, S.Pd
NIM
: 123151002803
Mengetahui
Dosen Pembimbing
Guru
Pamong
........................................ Dra.
Sriani
NIP : NIP
:19660501 200501 2 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar